Nama-Nama Bulan Haram

Dalam penanggalan Hijriah (qamariyah) terdapat 12 bulan. Akan tetapi dalam 12 bulan tersebut terdapat 4 bulan haram yang Allah sebutkan dalam firman-Nya, seakan menandakan bahwa itu adalah bulan-bulan khusus. Apa saja bulan-bulan haram tersebut?

Urutan nama bulan-bulan haram dalam firman Allah Ta’ala. Surat at-Taubah ayat 36, yang dijelaskan oleh Nabi dalam Khuthbatul Wada’, yaitu Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Firman Allah Ta’ala yang memuat bulan-bulan haram tersebut adalah :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتٰبِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقٰتِلُوا۟ الْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَاعْلَمُوٓا۟ أَنَّ اللهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

Sesungguhnya bilangan bulan (qamariyah) disisi Allah ada dua belas bulan, (termaktub) dalam kitab Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram…

Al-Qasimi membawakan penjelasan Ibnu Katsir sebagai berikut :

ثَلَاثَةٌ سَرْدٌ وَوَاحِدٌ فَرْدٌ

“Tiga bulan berturut-turut sedang yang sebulan menyendiri”

Bulan-bulan yang berturut-turut ialah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram ; Sedang yang menyendiri itu ialah bulan Rajab.

Adapun kutipan Khuthbah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam Haji Wada’ ialah :

وَإِنَّ الزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَإِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ وَرَجَبٌ مُضَرَّ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Dan sesungguhnya waktu itu beredar menurut aturannya yaitu saat Allah menciptakan langit dan bumi, dan sesungguhnya bilangan bulan (qamariyah) disisi Allah itu ada dua belas bulan di antaranya ada empat bulan haram, tiga bulan berurutan dan bulan Rajab tergabung (dengan bulan Sya’ban yang kadang-kadang disebut Rajabani) diantara bulan Jumada (akhirah) dan Sya’ban.”

Berdasarkan Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ini dijelaskan bahwa empat bulan haram itu adalah : Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Tanya Jawab Agama jilid 4 hal. 282

The post Nama-Nama Bulan Haram appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas