Islam Berkemajuan sebagai Interpretasi Kemajuan Islam di Indonesia

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Muhammadiyah memiliki cita-cita dan harapan kedepan agar Islam berkemajuan itu menjadi mayoritas yang dipeluk masyarakat Indonesia. Harapan itu lahir karena pandangan keagamaan yakni Islam yang membuat peradaban Indonesia maju. Menurut Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad bagaimanapun agama itu  harus menjadi semacam kekuatan penggerak dalam memajukan sebuah masyarakat.

Dadang mengisahkan dulu ketika peradaban Eropa hadir, agama protestan saat itu bisa  melahirkan masyarakat yang maju. Ada juga jepang dengan religi tokugawa melahirkan energi pembaharuan yang luar biasa, juga dari Asia Selatan lahir agama budha sebagai reformasi dari agama hindu yang ternyata agama budha membawa reformasi yang tepat bagi negara seperti Cina, Korea, dan yang lainnya.

“Saya kira Islam pun harus ada sebuah reintrepertasi baru yaitu Islam berkemajuan ini ala Muhammadiyah yang diajarkan oleh Kiai Ahmad Dahlan. Pada tahun 1912 sudah diperlihatkan inilah caranya berislam yang akan mendorong kita menjadi orang modern tapi kuat dalam bidang aqidah yang idealnya seperti yang dicita-citakan Muhammadiyah dan akan terus dikembangkan di Indonesia ini,” jelas Dadang, Senin (8/2).

Dadang pun berharap cita-cita itu dapat terlaksasna sebelum akhir abad ke-2 Muhammadiyah.

The post Islam Berkemajuan sebagai Interpretasi Kemajuan Islam di Indonesia appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas