PP Muhammadiyah Dukung Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan Lazismu

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA– Melalui Edaran nomor 02/EDR/I.0/2021, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendukung “Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan” dalam rangka merespon bencana alam yang terjadi di beberapa daerah.

Edaran tersebut merujuk dari surat Merujuk surat Badan Pengurus Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 007.BP/EDR/I.17/B/2021 tanggal 29 Jumadil Awal 1442 H/13 Januari 2021 M perihal Penggalangan Dana Kemanusiaan, yang ditujukan kepada Ketua Lazismu Wilayah seluruh Indonesia.

Sebagaimana disampaikan dalam surat Badan Pengurus Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut, dana kemanusiaan dihimpun setiap hari Jumat ketiga pada bulan Januari–Maret 2021 di masjid-masjid Muhammadiyah dan dikoordinasikan oleh Lazismu.

“Selanjutnya penggalangan dana Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan tersebut akan

dikonsolidasikan sebagai dana kesiapsiagaan nasional,” isi Edaran tersebut di akhir paragraf dua.

Disebutkan dalam Edaran tersebut, selain melalui program Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan, warga persyarikatan juga bisa melakukan penggalangan dana melalui momentum lain yang dikoordinasikan dengan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sahadakah Muhamamdiyah (LazisMu) Wilayah, Daerah, Cabang dan Ranting.

Surat Edararan tersebut ditandatangani oleh Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais, dan Sekretaris, Agung Danarto.

Sementara itu, dalam Surat Edararan yang dikeluarkan oleh LazisMu Pusat kepada LazisMu Wilayah seluruh Indonesia, didalamnya menyebutkan tiga himbauan untuk dilakasanakan oleh LazisMu se-Indonesia.

Pertama, bekerjasama dengan pengelola masjid di lingkungan persyarikatan untuk melakukan penghimpunan dana melalui momentum Salat Jum’at, pada setiap jum’at pekan ketiga yang dimulai dari bulan Januari sampai Maret 2021.

Kedua, menjalin sinergi bersama unsur Muhammadiyah dan mitra lainnya dalam melaksanakan Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan. Dan ketiga, melakukan kegiatan fundraising dikoordinasikan oleh LazisMu Wilayah dan dana yang terhimpun dikonsolidasikan sebagai dana kesiapsiagaan nasional.

The post PP Muhammadiyah Dukung Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan Lazismu appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas