Keutamaan Menghadiri Kajian Ilmu

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Salah satu ciri yang membedakan Islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhadap masalah ilmu. Banyak ayat Al Quran dan Hadis Nabi Muhammad SAW yang menekankan keutamaan menuntut ilmu, serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat yang tinggi. Tak heran bila Frans Rosenthal, seorang orientalis, dalam karyanya mengatakan bahwa Islam merupakan peradaban ilmu.

“Maka mari kita dukung kajian keilmuan melalui zoom meeting ini dan harus menjadi bagian dari kebutuhan kita. Seluruh keluarga besar PKU harus berjuang menjadi orang yang akan dijadikan baik oleh Allah terutama kajian-kajian keagamaan seperti ini,” tutur Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman dalam pengajian PKU Gamping pada Ahad (17/01).

Agus mengutip sebuah hadis yang berbunyi “Man yuridillahu bihi khairan yufaqqihu fiddin“, yang artinya barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan maka Allah akan memahami dia di dalam ilmu agama. “Karena itu, menuntut ilmu sudah menjadi komitmen kami,” tambahnya.

Jauh sebelum pandemi Covid-19 merebak, seluruh jajaran PKU Gamping sering mengadakan kajian-kajian keagamaan. Hal tersebut sebagai komitmen agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ditempatkan bersama orang-orang saleh yang Allah kehendaki.

“orang-orang yang memiliki ilmu akan dimudahkan oleh Allah jalan menuju surga. Maka kita harus meramaikan kajian-kajian keilmuan seperti ini,” kata Agus.

The post Keutamaan Menghadiri Kajian Ilmu appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas