Muhammadiyah Kerahkan Seluruh Potensi Bantu Penanganan Bencana di Sumedang

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SUMEDANG – Kendati masih fokus dalam penanganan sejumlah agenda pencegahan Covid-19 dan menyukseskan vaksinasi, Muhammadiyah turut merespon sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia termasuk penanganan banjir dan longsor yang terjadi di Kecamatan Cimaggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Selain mengirim tim evakuasi Muhammadiyah lewat Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kabupaten Sumedang telah mengerahkan seluruh potensi yang ada dalam membantu menangani bencana banjir dan tanah longsor di Sumedang.

“Dalam membantu pemerintah menangani bencana tanah longsor dan banjir di Cimanggung, MDMC mengerahkan seluruh potensi yang ada di Persyarikatan Muhammadiyah dengan melibatkan Ibu-ibu Asisyiyah, Pemuda Muhammadiyah dan Kokam yang dikoordinir langsung MDMC,” kata Maman Koswara, Sekretaris MDMC Sumedang dalam keterangan yang diterima Muhammadiyah.or.id pada, Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya, MDMC selalu konsen dalam penanganan bencana dengan mengirim tim evakuasi yang didatangkan langsung dari Banjarnegara Jawa Tengah. MDMC ikut menerjunkan tim asessment untuk pendataan korban dan warga terdampak banjir dan longsor di Cimanggung.

“Selain mengirim tim evakuasi dan assessment MDMC juga melakukan pendampingan di posko pengungsian di SD Fatimah Az-Zahra dengan mengelola & manajemen pengungsian bekerjasama dengan Karang Taruna setempat,” ujar Maman mebambahkan.

Melalui posko pengungsian MDMC Sumedang saat ini telah menyiapkan sejumlah pelayanan diantaranya pendampingan psikososial bagi warga penyitas terdampak longsor dan banjir, pemeriksaan kesehatan, pendampingan sosial dan pembuatan dapur nutrisi bagi anak-anak yang ada di pos pengungsian.

Masih menurut Maman, MDMC akan menyisir dan melakukan asissment bagi korban dan warga terdampak yang saat ini masih melakukan pengungsian mandiri di tempat tinggal dan saudaranya.

“Ada beberapa warga masih melakukan pengungsian secara mandiri dikerabatnya maka MDMC akan lakukan asissment dan distribusikan logistik,” kata Maman.

Maman berharap penanganan dampak bencana yang terjadi di Sumedang ini segera pulih dan cepat selesai. Pihaknya juga berpesan kepada para relawan yang sedang bertugas untuk tetap jaga kesehatan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat di masa pandemi Covid-19. (Andi)

The post Muhammadiyah Kerahkan Seluruh Potensi Bantu Penanganan Bencana di Sumedang appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas