Atasi Kejenuhan di Masa Pandemi, Sekolah kader Perempuan Muhammadiyah Gelar Lomba Video Kreatif

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Madrasah Mu’allimaat melakukan inovasi perlombaan untuk mengatasi kejenuhan anak di masa pandemi dengan mengadakan Lomba Video Kreatif Tingkat Nasional. Perlombaan ini ditujukan kepada seluruh peserta didik kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia. Dengan mengusung tiga tema utama, yakni etika berbusana muslim, berbakti kepada orang tua, dan perilaku hidup sehat selama pandemi. Hampir setiap provinsi di Indonesia mengirimkan perwakilannya yang berlangsung pada bulan Desember 2020 hingga awal tahun 2021.

Dilansir dari webnya, muallimaat.sch.id, Lomba ini dimaksudkan untuk mengajak para peserta dalam melakukan kebaikan melalui media kreatif, yakni dengan pembuatan video edukasi. Para peserta ditantang untuk menuangkan idenya dalam bentuk video yang menarik dan mudah dipahami. Karena perlombaan ini berlangsung selama pandemi, sehingga segala proses mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya dan seleksi akan dilaksanakan secara daring, begitu pun dengan pengumuman pemenang.

Perlombaan tingkat nasional ini dimulai sejak tanggal 14 Desember 2020 – 2 Januari 2021, yakni pendaftaran dan pengiriman karya. Dilanjutkan dengan penjurian dan penilaian melalui media sosial pada tanggal 3-15 Januari 2021.

Pengumuman pemenang melalui Youtube Madrasah Mu’allimaat tanggal 17 Januari 2021. Total keseluruhan pendaftar mencapai 64 peserta, mulai dari daerah Yogyakarta, Jawa, NTB, Lampung, Sumatera, dan lainnya.

Pada momen penyampaian pemenang, Agustyani Ernawati, M.Pd, Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menuturkan maksud dan tujuan diadakannya kompetisi ini. “Berdakwah dan berbagi kebaikan adalah tanggung jawab siapa saja,” kata Erna.

Bukan hanya orang dewasa, lanjut Erna, tetapi anak-anak juga mempunya kewajiban yang sama. Karenanya, untuk berbagi kebaikan harus dibiasakan sedini mungkin, melalui media apa saja.

“Oleh karena itu Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan satu kegiatan yang difokuskan kepada anak-anak dalam menjalani kebiasaan berbuat kebaikan sejak dini, yakni melalui lomba video kreatif,”

Terdapat dua kategori pemenang, yakni juara 1-3 berdasarkan penilaian dewan juri dan juara like serta komentar terbanyak dari unggahan karya melalui media sosial masing-masing. Dan hadiah yang diberikan berupa uang pembinaan untuk para pemenang serta e-sertifikat untuk seluruh peserta yang telah mengirimkan hasil videonya.

The post Atasi Kejenuhan di Masa Pandemi, Sekolah kader Perempuan Muhammadiyah Gelar Lomba Video Kreatif appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas