MDMC, Lazismu, dan MPM, Trisula Muhammadiyah untuk Meringankan Kesengsaraan Umum

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) telah bekhidmat dalam penanganan kebencanaan baik di dalam maupun luar negeri. Ini menjadi salah satu aksi nyata Muhammadiyah untuk hadir meringankan kesengsaraan umum.

Tidak hanya melalui MDMC, ada Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) dan Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu). Tiga bidang dalam Muhammadiyah ini menjadi ujung tombak dalam melayani kebutuhan masyarakat.

“Ketiganya sangat sinergis untuk memerangi kesulitan masyarakat sehingga PKO itu tidak hanya urusan rumah sakit saja tapi juga ketiga majelis itu atau organ yang langsung menangani kesulitan masyarakat baik karena bencana alam maupun benaca akibat kelalaian manusia,” jelas Dadang Kahmad, Ketua PP Muhammadiyah.

Untuk menggalang dana terkait, Dadang mengarahkan LazisMu membuat gerakan secara khusus dan akan efektif sejalan dengan pengumpulan dana rutin bulanan. “Dianjurkan amal usaha Muhammadiyah untuk memberikan dana-dana ini untuk kepentingan lazismu membantu masyarakat. Lazismu nanti berkoordinasi baik secara daerah wilayah untuk menyalurkan dana-dana itu,” kata dia.

Gerakan semacam ini, sambung Dadang, efektif jangankan untuk didalam negeri, di luar negeri seperti bantuan Rohingnya dari Muhammadiyah bisa sampai 15 Miliar lebih.

“Apalagi untuk dalam negeri masyarakat kita itu sangat peka walaupun di masa pandemi begini tetap saja semangat menolongnya itu sangat kuat,” kata Dadang.

Paparan ini disampaikan Dadang Kahmad, dalam program Catatan Akhir Pekan yang disiarkan langsung oleh TV Muhammadiyah, Senin (1/2).

The post MDMC, Lazismu, dan MPM, Trisula Muhammadiyah untuk Meringankan Kesengsaraan Umum appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas