Tiga Pesan Allah di Dalam Ayat ke-16 Surat At Taghabun

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Membawakan ayat ke-16 Surat At-Taghabun, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad menjelaskan ada tiga makna di dalam ayat tersebut.

Pertama, adalah perintah Allah agar kaum muslimin bertakwa semampu mungkin, dengan mengutamakan kepatuhan terhadap pedoman yang dibawa oleh Rasul-Nya.

Kedua, menurut Dadang adalah perintah untuk mendengar, yaitu kerendahan diri untuk terus belajar dari siapapun saja dan mengamalkannya.

“Ilmu itu harus dilaksanakan, jangan hanya dijadikan referensi saja. Jaman sekarang itu orang kan lebih senang mengumpulkan ilmu. Terutama ilmu agama juga sama. Pada pinter, pada hebat. Tapi pas ketaatan, pelaksanaannya tidak ada. Terjadi perbedaan antara keilmuan dan ketaatan,” tutur Dadang.

Dalam pengajian Ahad Pagi Masjid At Tanwir PP Muhammadiyah Jakarta, Ahad (24/1) Dadang melanjutkan bahwa makna yang ketiga adalah perintah untuk mengamalkan.

“Saya memahaminya sebagai ‘sebarkanlah’. Belajar, laksanakan dulu oleh kita lalu sebarkan. Saya kira ini sangat cocok untuk kita yang di Majelis Tabligh ya, terus belajar tentang ilmu, laksanakan dulu oleh kita, lalu sebarkan,” imbuhnya. (afn)

The post Tiga Pesan Allah di Dalam Ayat ke-16 Surat At Taghabun appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas