Edukasi dan Inovasi Sekolah Muhammadiyah di Tengah Pandemi

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SALATIGA – Ada banyak cara mengedukasi siswa dan siswi di tengah pandemi dengan tetap menerapkan 3 M: Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan , Menjaga Jarak sebagai langkah memutus rantai penularan Covid-19.

Seperti yang dilakukan SD Muhammadiyah Plus Salatiga lewat wadah mengembangkan bakat dan minat ekstrakurikuler. SD Muhammadiyah ini menjadikan pantomim sebagai media edukasi pentingnya penerapan 3 M bagi para siswa dan anak-anak pada umumnya.

Ainul Huri, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga mengatakan, ide edukasi siswa-siswi di tengah pandemi muncul berawal dari keluh kesah para siswa dari ekstrakurikuler pantomim yang rindu akan suasana sekolah seperti di masa sebelum pandemi.

“Kemudian, lewat pelatih dan pembina pantomim menggagas ide pembuatan film pendek pantomim yang diperankan oleh siswa-siswi dengan mengangkat keluh kesah anak-anak ekstrakurikuler pantomim,” ungkap Ainul Huri saat dimintai keterangan, pada (19/1/2021).

Pantomim berjudul ‘Corona Pergilah, Aku Rindu Sekolah’ yang diperankan siswa-siswi SD Muhammadiyah Plus Salatiga merupakan film pendek pantomim dibuat untuk mewakili perasaan siswa-siswi rindu akan suasana sekolah sekaligus sebagai do’a agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Saat berita ini diturunkan video yang telah diunggah melalui Channel Youtube SD Muhammadiyah Plus Salatiga sudah ditonton ratusan pemirsa dan dengan puluhan komentar yang memuji penampilan pantomim siswa-siswi tersebut.

Ainul Huri menambahkan, edukasi penerapan 3 M di tengah pandemi lewat pantomim juga sebagai upaya mengajak serta memperkenalkan para siswa-siswi untuk lebih tertarik terhadap seni peran pantomim khususnya di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga.

“Maka, kami membuat konten-konten seperti film pendek pantomim untuk memperkenalkan pula kepada siswa-siswi di luar SD Muhammadiyah Plus Salatiga dan tentunya kepada masyarakat pada umumnya,” kata Ainul Huri.

Selain memaksimalkan edukasi untuk para siswa di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, SD Muhammadiyah Plus Salatiga saat ini terus berinovasi dengan berusaha memaksimalkan pembelajaran secara daring lewat Team Edutainment SDMPlus.

Ainul Hadi menjelaskan Edutainment SDMPlus merupakan sebuah upaya medesain pembelajaran  bermuatan pendidikan dan hiburan yang digabungkan secara harmonis sehingga pembelajaran di SD Muhamadiyah Plus Salatiga sehingga terasa menyenangkan.

“Harapan kami siswa-siswi SD Muhammadiyah Plus Salatiga tetap semangat belajar dengan berbagai program pembelajaran yang sudah disiapkan oleh Team Edutainment SDM Plus di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Andi)

The post Edukasi dan Inovasi Sekolah Muhammadiyah di Tengah Pandemi appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas