Muhammadiyah Siap Dukung Pemerintah dalam Vaksinasi Covid-19

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Vaksin menjadi tumpuan utama guna menghentikan penularan penyakit Covid-19. Tubuh yang sudah divaksin akan membentuk antibodi terhadap virus SARS-CoV-2. Karena itu, kata dr. Corona, vaksinasi sangat penting agar tubuh bisa melawan penyakit tertentu. Namun dirinya mengingatkan bahwa adanya vaksin tidak berarti Covid-19 lantas menghilang.

“Jika vaksin sudah masuk dalam tubuh, maka gejalanya ringan sehingga tidak terlalu membebani para medis dan rumah sakit,” tutur dr. Corona dalam diskusi yang disiarkan TvMu pada Selasa (12/01).

Dr. Corona menerangkan bahwa mikroba yang terkandung dalam vaksin akan berperan sebagai antigen. Zat ini akan merangsang sistem imun tubuh agar menghasilkan antibodi yang bisa melawan suatu penyakit. Karenanya, dr. Corona menyebut bahwa Muhammadiyah mendukung penuh vaksinasi guna memutus rantai penyebaran Covid-19 sesegera mungkin.

“Kita siap jika diajak kerjasama dengan pemerintah dalam hal vaksinasi. Sekarang beberapa rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah memiliki fasilitas untuk jadi pusat vaksin internasional. Kita tentunya bisa membantu program vaksinasi Covid-19 ini,” terang dr. Corona.

Dr. Corona berharap sekitar 75% penduduk Indonesia melakukan vaksin. Namun, jika vaksin yang tersedia belum mampu menampung jumlah 75% penduduk, maka strategi yang dipilih adalah mengutamakan mereka belum terkena penyakit Covid-19 dan tenaga kesehatan. Apabila vaksin tersebut terbukti aman, maka akan dilanjutkan dengan memberikan kepada kelompok lansia.

The post Muhammadiyah Siap Dukung Pemerintah dalam Vaksinasi Covid-19 appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas