Tiga Pendidikan Dasar yang Utama Ditanamkan Pada Anak

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KUDUS – Mengutip nasehat Lukman kepada anaknya, Abdul Mu’ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah menyebutkan ada 3 hal pendidikan dasar yang utama diajarkan oleh anak.

Pertama, pendidikan dasar mengenalkan dan menmgajarkan keimanan. “Wahai anaku janganlah kamu menyekutukan Allah. Sehungguhnya menyekutukan Allah adalah kezaliman yang besar.” Juga mengenalkan dan mengajarkan tentang ibadah. “Wahai anakku tegakkanlah shalat.”

Kedua, pendidikan dasar hendaknya melatih kekuatan mental, sehingga anak tumbuh dengan mental yang kuat. “Dan besabarlah kamu terhadap kesulitan yang kamu hadapi.” 

Salah satunya dengan melatih kesabaran. Sebab anak era digital lebih suka terhadap sesuatu yang instan. “Sabar itu sulit, sesuatu yang mudah untuk dikatakan tetapi susah untuk dikerjakan,” ujar Mu’ti.

Ketiga, penanaman dan penguatan akhlak. Lukman, lanjut Mu’ti, senantiasa menasihati anaknya untuk menghormati orangtuanya, terlebih ibu.

“Berterimakasih kepada orang tua adalah akhlak Islami. Termasuk tetap hormat walau berbeda,” pesannya. 

Meraih hal diatas tentu tidak mudah. Mu’ti mengatakan dibutuhkan kompensasi yang harus dimiliki anak pula.

Pertama, anak harus menjadi generasi knowladgeable. Orang yang serba tahu, ilmunya mendalam. Sebab ilmu adalah alat untuk meraih superioritas atau keunggulan. Dalam Al-Qur’an dijanjikan bahwa Allah akan meninggikan derajat orang berilmu.

Kedua, menjadi generasiable, yang serba bisa, skill full. Memiliki keterampilan kecakapan hidup. Sehingga kelak akan melahirkan solusi atas berbagai persoalan, bukan sebaliknya menjadi masalah dalam lingkungan sosial.

Ketiga, generasi yang berintegritas. “Boleh hebat, boleh terampil, tapi harus tetap sederhana,” terangnya.

Kemudian, Mu’ti menceritakan bajwa di masa depan ada 1% orang yang mampu menghidupi 99% lainnya. Tentunya, yang 1% itu cerdas luar biasa, punya kemampuan komunikasi yang hebat, tetapi juga punya akhlak yang mulia.

Pesan ini disampaikan Mu’ti dalam Resepsi Virtual Milad 1 abad SD Muhammadiyah 1 Kudus (sdmutuku), Sabtu (9/1).

The post Tiga Pendidikan Dasar yang Utama Ditanamkan Pada Anak appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas