Tanggung Jawab Mengemban Amanah Persyarikatan

MUHAMAMDIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Amanah menjadi hal yang penting dijalankan. Pada syariat Islam, amanah menjadi keharusan yang dilaksanakan dengan baik. Amanah ini akan dimintai pertanggungjawaban hingga di akhirat nanti.

Dalam Persyarikatan sendiri ada banyak amanah yang diberikan pada orang-orang pilihan. Diantaranya, menjadi kepala sekolah di amal usaha Pendidikan Muhammadiyah.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menangah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) D.I. Yogyakarta Achmad Muhamad, M.Ag pemilihan kepala sekolah Muhammadiyah melalui proses yang panjang. Maka dari itu para kepala sekolah pilihan ini diharapkan dalam menjalankan amanah dengan baik dan memberi kemajuan.

Hal ini disampaikannya dalam pelantikan Kepala SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta beserta jajarannya, Rabu (30/12).

Selain mengemban amanah, para kepala sekolah yang telah terpilih menurut Achmad juga perlu bekerja secara professional. Menurutnya, kerja profesionalisme adalah kesadaran diri untuk selalu meningkatkan kualitas diri, tidak terjebak pada kerja yang bersifat rutinitas, melainkan mampu memahami subtansi dari setiap pekerjaan dan tugas yang dilaksanakan. Juga mampu memahami konsep.

Masih dalam pandemi covid-19 sekarang menjadi tantangan sendiri bagi para pengampu kebijakan termasuk kepala sekolah.

“Oleh karena itu penting bagi sekolah atau madrasah untuk menjaga komunikasi dengan orang tua wali siswa murid. Kontrol dan pendampingan perihal KBM daring sangat mememerlukan hubungan komunikasi yang baik antara sekolah/madrasah bersama orang tua wali murid, hal itu sebagai upaya menjaga kualitas KBM daring agar bisa berjalan sesuai dengan harapan pengurus sekolah/madrasah,” jelasnya.

The post Tanggung Jawab Mengemban Amanah Persyarikatan appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas