SMP Muhammadiyah 1 Jombang Jadi Sekolah Aktif Literasi tingkat Nasional

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JOMBANG – Kegiatan literasi telah menjadi unggulan SMP Muhammadiyah 1 Jombang sejak sebelum pandemi. Biasanya setiap poagi seluruh siswa melakukan kegiatan membaca dan menulis di kelas didampingi guru.

Ketekunan dan kerjasama para murid dan guru di SMP Muhammadiyah 1 Jombang ini menorehkan prestasi positif. SMP Muhamamdiyah 1 Jombang sekolah aktif literasi tingkat Nasional dalam ajang Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) pada akhir desember kemarin.

Dikatakan Juni Muslimin, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jombang bahwasannya sekolah telah menerbitkan enam buku serta masih ada beberapa buku dalam proses penerbitan. Sekolah juga memiliki komunitas penulis muda dengan program Muhisa Writing Project.

“Komunitas ini bukan hanya dari siswa yang mengikuti ekstrakulikuler jurnalistik saja, melainkan siapa pun yang ingin berkarya dan menerbitkan buku,” kata Juni.

Pihak sekolah, lanjut Juni, beberapakali telah mengadakan kegiatan menulis dengan mengajak seluruh siswa bergabung. Dari kegiatan itu dihasilkanlah buku antologi berjudul Monolog Janji.

Selama menjadi Kepala Sekolah, Juni mewajibkan para guru juga untuk menghasilkan karya tulis yang di publikasi lewat berbagai kanal media.

Bukan tanpa perjuangan, ada tiga langkah yang Juni lakukan untuk menciptakan sekolah aktif literasi.

Pertama, membiasakan guru menulis walaupun hanya satu paragraph dengan tema bebas.  Kedua, membentuk komunitas siswa menulis yang keanggotannya diperluas. Ketiga, aktif mengadakan worskshop terampil menulis.

Tak hanya sekolah yang berprestasi, GSMB Nasional juga memberikan penghargaan pada Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jombang Juni Muslimin sebagai kepala sekolah berprestasi karena telah membuat program tersebut.

The post SMP Muhammadiyah 1 Jombang Jadi Sekolah Aktif Literasi tingkat Nasional appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas