A-Z Tips Hindari Covid-19 Bagi Pekerja Kantoran

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Memasuki bulan kesebelas pandemi Covid di Indonesia, klaster perkantoran masih menjadi momok bagi peningkatan angka penularan Covid-19.

Meski sebagian besar agenda kerja perkantoran beralih menjadi kerja dari rumah (work from home, WFH) beberapa pusat perkantoran kembali membuka aktivitas perkantoran dengan sekian pembatasan dan protokol.

Akibatnya, tidak sedikit terjadinya kasus penularan di perkantoran. Menanggapinya, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) memberi sekian tips bagi para pekerja kantoran di masa pandemi. Berikut ini tips yang harus anda perhatikan.

Pola Bersih Hidup dan Sehat agar Jauh dari Covid-19

Pertama, anda harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat di manapun saja dan memperhatikan protokol kesehatan baik di rumah, di perjalanan, maupun di kantor.

Sebelum berangkat bekerja, pastikan diri anda dalam kondisi sehat. Jika anda merasakan keluhan pilek, dan demam sebaiknya tetap tinggal di rumah.

Jika anda sehat dan berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum, usahakan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Selama perjalanan, selalu bawah handsanitizer dan minimalkan menyentuh fasilitas umum. Sebelum cuci tangan dengan air mengalir, jangan coba-coba menyentuh mata, mulut atau hidung.

Setelah anda tiba di tempat kerja, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika menggunakan lift, pencet tombol dengan siku dan hindari kerumunan dengan cara saling membelakangi.

Jangan lupa untuk membersihkan meja kerja dengan disinfektan. Jika harus menyentuh atau menggunakan peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan hand sanitizer sesudahnya.

Perhatikan pula bahwa aliran udara, sinar matahari dan protokol kesehatan diperhatikan oleh kantor tempat anda bekerja. Jika tidak, maka tidak ada salahnya jika anda menyampaikan masukan. Oh ya, selama bekerja, masker anda pastikan selalu terpasang dengan baik.

Setelah pulang dari kantor, jangan tergesa-gesa untuk bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri seperti mandi dan mengganti pakaian.

Pakaian dan masker yang telah dilepas, pastikan untuk langsung direndam dengan deterjen. Untuk masker sekali pakai, sebelum dibuang, anda perlu untuk merobeknya dan membasahinya dengan desinfektan agar tidak mencemari petugas pengelola sampah.

Disiplin Konsumsi Makanan yang Baik

Tentu saja handphone, kacamata, tas anda perlu juga dibersihkan dengan desinfektan. Sebagai tambahan, konsumsi gizi seimbang, aktifitas fisik minimal 30 menit perhari, istirahat cukup (tidur minimal 8 jam), berjemur di pagi hari perlu anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika misalkan anda telah memiliki penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, gangguan fungsi paru, gangguan fungsi hati gangguan ginjal dan kondisi immunocompromised/penyakit autoimun serta kehamilan, berarti anda perlu lebih waspada dengan memastikan kedisiplinan pada pola hidup bersih dan sehat. (afn)

The post A-Z Tips Hindari Covid-19 Bagi Pekerja Kantoran appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas