Usaha PCIM Mesir Menginternasionalisasikan Manhaj dan Pandangan Keislaman Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MESIR– Dukung upaya internasionalisasi dan mengenalkan manhaj serta pandangan Muhammadiyah ke dunia internasional, Pimpinan Cabang Istimewa (PCIM) Mesir adakan pelatihan terjemah.

Dalam siaran pers yang diterima reporter muhammadiyah.or.id pada (5/1), pelatihan terjemah manhaj dan pandangan keislaman Muhammadiyah untuk dunia internasional dilakukan atas kerjasama antara Majelis Tarjih & Tajdid dengan Majelis Pustaka & informasi PCIM Mesir.

Siaran tersebut melaporkan, pelatihan ini diselengarakan di Markaz Dakwah Muhammadiyah yang berada di kawasan 9th District Nasr City, Kairo. Pelatihan terjemah dilaksanakan setiap hari sabtu setiap minggunya, dimulai pada 31 Oktober 2020 sampai 19 Desember 2020.

Pertemuan pertama diisi oleh Cecep Taufikhurrohman. Pada pertemuan kali pertama ini, materi yang disampaikan meliputi pengenalan dunia terjemah secara mendalam berupa hal-hal yang dapat diperoleh dari menerjemah, serta jenis jenis terjemah.

Pertemuan kedua dilanjutkan oleh Wirdah Fachiroh fachri, materi yang disampaikan berupa praktek terjemah, mengetahui seluk beluk kalimat dalam bahasa arab dan bagaimana menerjemahkan teks yang berbentuk berita.

Pertemuan ketiga bersama Satriawan Hariadi, membahas tentang cara menyusun teks arab kedalam ushlub sastra, serta mengetahui makna-makna penting setiap kedudukan kalimat dalam bahasa arab dan penggunaannya untuk menyampaikan pesan yang mendalam.

Pertemuan keempat dengan Anthony Octavian yang mengenalkan tanda baca dan penulisan kalimat kalimat bahasa Arab, serta bentuk susunan paragraf Arab yang nantinya akan membantu dalam penulisan terjemah dan juga karya tulis ilmiah.

Dan, pertemuan terakhir dengan Nidhol Masyhadi, dengan materi menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia dan menyesuaikan bentuk penerjemahan dengan konteks Arab. Sehingg dapat menyampaikan pesan dengan baik.

Penerjemahan manhaj dan pandangan-pandangan Muhammadiyah kedalam bahasa Arab di maksudkan untuk mengenalkan Muhammadiyah di dunia Internasional, khususnya di kawasan Timur Tenggah.

The post Usaha PCIM Mesir Menginternasionalisasikan Manhaj dan Pandangan Keislaman Muhammadiyah appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas