Pemerintah Sangat Terbantu oleh Peran Massif Muhammadiyah Tangani Covid-19

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Biwara Yuswantana mengapresiasi peran serius Muhammadiyah menangani pandemi.

Dalam Covid Talk-19 MCCC edisi Jumat (1/1), Biwara memuji langkah nyata Muhammadiyah yang telah menyediakan sedikitnya 84 rumah sakit untuk layanan kesehatan pasien Covid-19.

Peran yang diberikan oleh Muhammadiyah, menurutnya sangat membantu meringankan beban kerja Pemerintah di tingkat hulu seperti edukasi sosialisasi dan di tingkat hilir seperti penanganan pasien Covid.

“Di tingkat hilir, upaya peningkatan rumah sakit. Meski ada kendala karena kita butuh 247 perawat tenaga medis, pusat tidak menyediakan, daerah disuruh rekrutmen sendiri. Terakhir yang bersedia dan lolos hanya 39,” ungkap Biwara menyampaikan beban kerja Pemerintah Daerah DIY.

Karena itu, Biwara bersyukur atas partisipasi aktif semua pihak dari tingkat desa hingga komunitas. Saat ini, kebutuhan yang penting bagi menekan laju penyebaran Covid adalah penyediaan shelter bagi pasien Covid kategori tanpa gejala (OTG).

Biwara bersyukur atas rencana MCCC untuk menggerakkan pimpinan di tingkat daerah, cabang hingga ranting untuk masing-masing memiliki fasilitas shelter bagi pasien kategori OTG.

“Artinya bahwa upaya-upaya secara kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menangani OTG ini sangat penting, agar OTG tidak menulari, tapi sekaligus tidak membebani rumah sakit,” jelasnya.

Sesuai Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 revisi kelima Kementerian Kesehatan, pasien positif Covid yang dirawat di rumah sakit adalah yang bergejala sedang dan berat.

Sementara untuk pasien dengan gejala ringan seperti OTG, penanganan yang dilakukan adalah Isolasi Mandiri baik secara swadaya (rumah sendiri) maupun menggunakan fasilitas yang disediakan oleh publik.

Pemerintah seperti BPBD menurutnya juga telah membuat shelter serupa di tingkat desa sejak pandemi melanda Indonesia.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap Muhammadiyah yang akan menggerakkan sampai ke bawah, ini bantuan bagi kita,” syukur Biwara. (afn)

The post Pemerintah Sangat Terbantu oleh Peran Massif Muhammadiyah Tangani Covid-19 appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas