Getapak Mahasiswa Muhammadiyah untuk Ringankan Dampak Pandemi Masyarakat

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALANG – Pandemi yang tak kunjung berakhir memberikan dampak buruk bagi semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali mereka yang tinggal di Kota Batu. Berangkat dari permasalahan tersebut, Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) serta Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PDM Kota Batu menginisiasi Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga (Getapak). Dalam pelaksanannya, kegiatan yang dilangsungkan pada 5-31 Oktober ini dibantu oleh lima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang dengan bimbingan dari Dr. Ir. Damat, MP.

Ayu Ramadhani Kumala Dewi, Ketua Tim Getapak menjelaskan bahwa kegiatan itu mencoba memberikan solusi lain untuk membantu memulihkan ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19. Utamanya mereka yang tinggal di Kota Batu.

“Ada tiga lokasi yang menjadi fokus kami yakni di Kelurahan Sisir, Desa Tlekung serta Desa Giripurno,” terangnya lebih lanjut, Selasa (29/12).

Mahasiswa asal Jombang ini kembali mengungkapkan ada beberapa tahapan-tahapan yang timnya lakukan. Diawali dengan proses pendataan dan survey masyarakat peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan terkait urban farming. Terakhir adalah pendampingan yang diberikan kepada masyarakat selama hampir sebulan.

Dalam materi penyuluhan, masyarakat diajak untuk mengenal pembuatan aquaponik, hidroponik, serta budidaya ikan dalam ember (Budamber). Tiga materi itu dipilih karena dinilai cukup sederhana dan mudah dibuat.

Budamber misalnya, yang hanya memerlukan peralatan yang biasa ditemukan di rumah. ”Kami mencoba memberikan solusi sederhana yang bisa dilakukan masyarakat. Jadi tidak perlu menambah biaya yang besar dalam pembuatannya,” jelas Ayu.

The post Getapak Mahasiswa Muhammadiyah untuk Ringankan Dampak Pandemi Masyarakat appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas