Lantik Rektor, PP Muhammadiyah Berharap UMY Jadi Research Excellent University

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Ketua Umum PP Muhammadiyah mengucapkan selamat atas dilantiknya Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budianto pada periode kedua kepemimpinannya. Menurut Haedar, periode 4 tahun kepemimpinan Gunawan ini telah membawa UMY dalam kemajuan dan prestasi.  

“Kami atas nama PP Muhammadiyah mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan segala prestasi yang telah dicapai selama periode yang lalu bersama seluruh keluarga besar Universitas Muhammadiyah yang telah menghantarkan UMY meraih banyak prestasi dan rangking yang membanggakan persyarikatan Muhamamdiyah,” ujar Haedar saat menyampaikan sambutannya pada acara Pelantikan Rektor UMY, Senin (28/12).

UMY yang telah memiliki agenda strategis selama 25 tahun kedepan dengan kekuatan sistemnya, selama 4 tahun ini telah berjalan sangat baik. Haedar mengimbau kepada Rektor UMY untuk melakukan kaderisasi agar semakin banyak yang bisa memimpin UMY kedepan.

Kemudian, dalam konteks perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA), PP Muhammadiyah secara khusus sering membahas dalam pleno maupun rapat bahwa kita kedepan memang perlu ada representasi dari PTMA yang sudah masuk pada Universitas yang bereputasi internasional. Yang secara lebih unggul baik dalam konteks komparasi maupun kompetisi dengan perguruan tinggi negeri dan swasta lain.

“Kalau boleh kami menyebut tanpa mengabaikan yang lain sekaligus memberika harapan bagi yang lain, setidak-tidaknya satu Langkah lebih didepan dan satu tingkat lebih diatas itu ada tiga Universitas Muhammadiyah yang kami harapkan ada proses akselerasi untuk menjadi universitas bereputasi nasional. Yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang,” ungkap Haedar.

Dari berbagai aspek yang dimiliki dan sumber daya manusianya, menurut Haedar, ketiga universitas tadi perlu dipacu menjadi Universitas bereputasi internasional yang unggul diatas yang lain.

“Kalau tiga universitas ini telah leading (terkemuka) maka saya percaya PTMA yang lain akan terus berlomba berfastabiqul khoirat (berlomba-lomba dalam kebaikan) secara dinamis sehingga kedepan tentu semakin banyak lagi,” kata Haedar.

Karenanya, Haedar berharap jika Rektor bersama tim dan seluruh pejabat struktural mengagendakan bahwa lima tahun kedepan menjadi universitas yang mampu pada tahap research excellent university. Maka tentu dalam jalinan catur darma di bidang pendidikan, riset, pengabdian, dan karakter building mejadi satu kesatuan dan menjadi kekuatan bagi UMY.

The post Lantik Rektor, PP Muhammadiyah Berharap UMY Jadi Research Excellent University appeared first on Cahaya Islam Berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas